Friday, January 7, 2011

The Tourist (2010)

Sutradara : Florian Henckel von Donnersmarck
Penulis :
Florian Henckel von Donnersmarck, Christopher McQuarrie
Pemain : Johnny Depp, Angelina Jolie, Pau Bettany
Genre : Action, Comedy, Romance
Durasi : 103 Menit
Negara : USA
Production Company : GK Film, Spyglass Enterteinment, Studio Canal
Official Trailer : http://www.youtube.com/watch?v=GrqpKEOF8uw


Jolie, Depp, Bettany, Paris, Venesia, romantisme, dan senjata, semua hal yang ingin ditonton orang, baik pria dan wanita. Saking inginnya memenuhi semua keinginan orang secara general, tidak membidik pasar tertentu, alhasil semua komponen yang secara individu menarik dan wah, menjadi hambar dan tidak spesial ketika digabungkan menjadi satu. Semuanya terasa mengambang di permukaan.

Angelina Jolie menjadi wanita cantik elegan yang dibuntuti polisi, sepertinya dia tidak perlu berakting karena di kehidupan nyatanya, pasti Jolie juga selalu mengalaminya. Cantik, elegan, dan dibuntuti, bukan oleh polisi, melainkan wartawan. Johnny Depp, aktor yang sudah pernah memerankan puluhan karakter aneh dan tidak normal, mendapat peran sebagai turis amerika yang sangat normal, pastilah tidak sulit sama sekali. Namun ketika dua hollywood god dan goddess ini bertemu, akting mereka sangatlah tidak believable. Pembelaan bahwa ini memang kali pertama mereka bekerja bersama seharusnya tidak menjadi pembelaan aktor dan aktris profesional kelas dunia ini.

Cerita, menggabungkan romance, action, dan comedy rasa-rasnya sudah sering dilakukan di banyak produksi film. Namun biasanya salah satu genre lebih menonjol secara signifikan dari genre yang lain, karena ketiga genre tersebut sedikit banyak saling bertolak belakang. Namun saat komposisi ketiga genre tersebut dipukul rata, ketiganya jadi saling mematikan. Penonton jadi tidak tertawa saat bagian comedy muncul, tidak tegang saat bagian action muncul, dan tidak bergumam "aaaww" saat bagian romance muncul. Datar sepanjang film.

Pemandangan yang indah juga hanya sekelebat dalam waktu yang sangat singkat, sehingga penonton tidak sempat membuang semua logikanya untuk sekedar menikmati pemandangan. Sia-sia.

Membenci film ini? Bagaimana saya bisa membenci film yang ada Johnny Depp di dalamnya. Walaupun Depp main film Hantu Goyang Kerawang sekalipun, saya akan tetap menontonnya dengan antusias. Kecewa? Tidak. Toh, saya menonton dengan ekspektasi yang sudah rendah akibat review orang-orang. Dan lagi saya menontonnya secara gratis. Jadi tidak ada yang perlu disesalkan dan merasa kecewa. Yang saya rasakan lebih pada rasa prihatin. Begitu banyak uang yang dihamburkan untuk membayar Hollywood's God and Goddess dan shooting di Eropa, namun hasilnya sangat medioker. Mungkin untuk proyek selanjutnya, produser film ini harus belajar banyak dari produser dan sutradara film Buried yang berhasil memukau saya karena ke-low-budget-annya.

Rate : 5/10

1 comment:

  1. datar. gw jg setuju. tapi untuk yang menonton tanpa sok sok mau mikir, akan sedikit merasa surprise dengan akhir nya. walaupun memang sudah diduga sebelumnya.. tapi entah mengapa setelah nonton film ini, gw jadi semakin yakin, bahwa cerita dan actor-actress itu memiliki porsi besar yang hampir sama dalam film. walaupun nilai actor-actress tinggi tapi nilai cerita kurang, maka hasilnya ternyata tidak bisa diungkit yaa...

    ReplyDelete