Tuesday, October 5, 2010

Hustle (TV Series 2004 - Present)


Creators : Tony Jordan
Negara : UK
Bahasa : Bahasa Inggris
Durasi per Episode : 60 Menit
Jumlah Episode satu Season : 6 Episode
Pemain : Adrian Lester, Marc Warren, Robert Vaughn, Jaime Murray, Robert Glenister
Production Company : British Broadcasting Corporation (BBC)
Stasiun TV : BBC
Trailer : http://www.youtube.com/watch?v=zGyIDtBX7f0


Crime, Drama, Mystery

Mirip-mirip dengan Leverage, Hustle juga merupakan tim kriminal dengan pembagian tugas dan kemampuan individu yang mumpuni. Bedanya, Hustle yang produksi BBC ini lebih manusiawi dan lebih banyak dramanya. Tidak seseru Leverage, namun jauh lebih logis dan 'wah' dengan caranya tersendiri. Tidak dibumbui kisah kepahlawanan pembela kebenaran, dan murni merupakan sekumpulan manusia dalam sebuah kru kriminal. Saking logisnya, terkadang saya berpikir kalau saya-pun bisa melakukan apa yang mereka lakukan.

Hustle adalah Crime TV Series yang menceritakan tentang kehidupan seorang Con Artist, bernama Mickey Stone dan kelompoknya. Mickey Stone adalah kriminal yang paling diinginkan kepolisian Inggris. Bagi pihak kepolisian, Mickey Stone begitu terkenal karena kepintaran dan kelicinannya. Sementara bagi Con Man - Con Man Inggris lainnya, Mickey Stone adalah idola dan panutan yang dielu-elukan. Mickey begitu hebat karena dia memiliki tim yang solid dan strategi yang brilian. Mickey selalu mempunyai plan A, plan B, plan C, untuk men-cover semua celah yang mungkin terjadi. Semuanya benar-benar dipikirkan secara matang oleh Mickey.

Kejeniusan Mickey ini didukung pula oleh kru nya yang tidak kalah hebatnya. Albert, Con Artist berpengalaman, yang merupakan guru dari Mickey yang sangat piawai dalam mencari target. Dengan hanya melihat, Albert dapat langsung menganalisis, apa kelemahan dari si target yang dapat dijadikan sebagai pintu masuk dari skenario penipuan yang akan dilakukan oleh krunya. Hubungan antara Mickey dan Albert juga sangat menarik. Mickey sudah dianggap anak oleh Albert, dan Mickey pun sangat menyayangi Albert layaknya ayahnya sendiri.

Danny Blue, adalah seorang con artist amatir yang mengidolakan Mickey. Dengan berbekal naluri dan bakat natural dalam melakukan penipuan, Danny pun diizinkan bergabung dengan kru Mickey. Danny yang bertindak mengikuti naluri dan insting seringkali bertentangan dengan Mickey yang selalu Well Planned. Perbedaan gaya di antara keduanya ini seringkali menjadi masalah dalam skenario-skenario penipuan yang mereka lakukan. Hubungan Mickey dan Danny dapat dikatakan seperti hubungan kakak adik yang saling bersaing membuktikan siapa yang lebih hebat kepada orang tuanya. Hubungan perselisihan ini diperkeruh dengan adanya Stacie.

Stacie adalah seorang wanita cantik yang sangat cerdas. Dengan kecantikan dan kecerdasannya, Stacie menjadi aset yang berharga dalam kru Mickey. Kemampuan akting Stacie juga total. Ia bisa jadi wanita super cantik yang dapat menggoda petugas kepolisian handal, namun dapat juga menjadi petugas museum culun dan tonggos yang tidak dapat dikenali oleh penjaga-penjaga di sekitarnya. Stacie, sebagai satu-satunya wanita di dalam kru, sering mengundang perselisihan, terutama antara Mickey dan Danny. Hubungan Stacie dan Mickey di masa lalu dapat dikatakan cukup dekat dan complicated, sementara ketertarikan Danny pada Stacie yang dianggap angin lalu oleh Stacie seringkali membuat Danny kesal dan menyalahkan Mickey. Bumbu percintaan sederhana ini cukup menarik dan menimbulkan masalah-masalah dalam kasus penipuan yang mereka lakukan.

Selanjutnya, tim ini memiliki Ash Morgan, the fixer. Semua hal logistik keperluan kegiatan penipuan dapat dipenuhi dengan baik oleh Ash. Plan A, Plan B, Plan C, semua rencana yang dimiliki Mickey selalu dishare kepada Ash untuk dipenuhi kebutuhannya. Mobil yang sesuai, surat-surat yang sesuai, koper yang sesuai, semua disiapkan dengan baik oleh Ash. Mickey dan Ash bagaikan dua sahabat yang saling melengkapi antara yang satu dengan yang lain.

Di season-season pertengahan dan akhir, terdapat beberapa pergantian kru. Saya tidak tahu pasti apa alasannya, namun, jumlah dan pembagian tugas di kru ini tidak banyak berubah. Penjelasan alasan perubahan ini di dalam serial pun tidak begitu jelas. Hal ini sedikit banyak mengusik saya dalam menonton serial ini, karena saya sangat menyukai tim inti dari kru Hustle ini karena kemampuan dan hubungan antar manusia di dalamnya. Tapi secara keseluruhan, jalannya cerita tidak begitu banyak dipengaruhi oleh perubahan anggota kru ini.

Selama beberapa waktu, saya sempat terhipnotis oleh serial ini. Saya sering berpikir, cara-cara yang dilakukan Mickey dan kru nya di serial ini begitu mudah dan wajar dilakukan, sehingga sangat mungkin dilakukan oleh orang awam seperti saya. Semuanya hanya bermodalkan sejumlah uang, rencana yang matang, dan kepercayaan diri dalam menipu orang. Semuanya sangat logis dilakukan oleh orang awam. Terlebih lagi, Mickey dan kru nya selalu menyebut rencana-rencana mereka dengan strategi-strategi yang menggunakan nama orang, yang jika saya googling akan menunjukkan nama penipu terkenal di suatu jaman tertentu, seolah-olah strategi yang mereka lakukan benar-benar berdasarkan pada strategi yang pernah dilakukan oleh penipu yang hidup di dunia nyata.

Kelogisan dan fakta sejarah yang sering diungkapkan pada serial ini, benar-benar menjadi keunggulan telak dari serial ini, jika dibandingkan dengan Crime TV Series besutan Hollywood. Mungkin dari segi action, serial ini kalah. Namun, sebagai penggemar kelogisan dan kemanusiawian dalam sebuah karya film dan serial, saya benar-benar takjub dengan serial ini.

Summary

Kru Con Artist yang paling dicari di Inggris. Tentukan target, siapkan plan A, plan B, plan C, sehingga semua celah dapat diperhitungkan, kemudian lakukan penipuan dengan penuh percaya diri. Super logis, sangat manusiawi, dengan porsi drama dan pendalaman karakter yang cukup.

Rate :
8.5/10

2 comments:

  1. lah kenapa ratingnya hustle lebih bagus dikit dari leverage na? hehe. pengen leverage :D

    ReplyDelete
  2. Hustle itu, logis dan mungkin dilakukan. tapi alurnya agak lambat. Leverage itu seruuu banget tapi "hollywood" banget. Masalah selera sih Nad, gue lebih suka tontonan yang lebih logis soalnya. hehe.

    ReplyDelete