Tuesday, October 5, 2010

Leverage (TV Series 2008 - Present)

Creators : Chris Downey, John Rogers
Negara : USA
Bahasa : Bahasa Inggris
Durasi per Episode : 42 Menit
Pemain : Timothy Hutton, Gina Bellman, Christian Kane, Beth Riesgraf, Aldis Hodge
Production Company : Electric Enterteinment
Stasiun TV : TNT
Official Trailer : http://www.youtube.com/watch?v=wnJRhnAFZDM



Crime, Drama, Mystery, Thriller
Pertama kali saya menonton Leverage, saya langsung teringat pada Ocean Eleven, Twelve, dan Thirteen, di mana sekelompok orang dengan skill-skill tertentu berkumpul untuk menjatuhkan 'orang jahat' dan membalaskan dendam orang-orang yang tertindas. Bedanya, geng bentukan Danny Ocean itu hanya membalaskan dendam dirinya dan orang-orang terdekatnya saja, sementara geng dalam serial Leverage ini bekerja menerima keluhan dan permintaan balas dendam dari orang-orang tertindas, setiap saat dan setiap waktu. Seperti perusahaan sosial penyedia jasa balas dendam yang dapat diakses setiap saat setiap waktu.

Tidak rombongan seperti geng Danny Ocean, Geng Leverage ini hanya terdiri dari lima orang yang sanhat ahli dalam bidangnya masing-masing. Nathan Ford si ketua geng merupakan mantan insurance agency investigator yang bertugas memburu penjahat-penjahat, terutama pencuri-pencuri. Dengan latar belakangnya ini, Nate yang biasanya menyusun strategi untuk menjebak dan menangkap pencuri, sekarang bekerja sebagai mastermind 'kejahatan' yang sulit ditebak dan ditangkap.

Anggota kedua adalah Sophie Devereaux, seorang aktris amatir dengan kemampuan akting begitu buruk di atas panggung, namun memiliki kemampuan akting luar biasa jika sedang beraksi dalam kejahatannya. Sophie merupakan penjahat buruan langganan Nate, oleh karena itu, keduanya memiliki hubungan yang complicated. Dalam geng Leverage ini, Sophie berperan sebagai grifter, orang yang harus mengelabuhi dan membuat target memakan umpan yang direncanakan oleh anggota geng.

Anggota ketiga dalam geng Leverage ini adalah Eliot Spencer, mantan tentara dengan tubuh kekar, ahli senjata, ahli beladiri tangan kosong, memiliki kekuatan yang luar biasa, namun memiliki tempramen yang terkadang meletup-letup, namun masih dalam batas wajar. Sebelum bergabung dengan geng Leverage ini, Eliot sering bekerja sendiri untuk melakukan kejahatan dengan mengandalkan kekuatannya. Dalam geng Leverage, Eliot bertugas sebagai hitter, yang bertanggung jawab melumpuhkan petugas keamanan dan body guard yang tidak dapat dikecoh oleh teman-temannya.

Di era teknologi dan informasi ini, jenis kejahatan dan tindak kriminal ikut berkembang. Di situlah lahir kesempatan untuk Hardison si hacker. Semua jenis kejahatan pencurian, pemalsuan, yang membutuhkan teknologi, Hardison lah ahlinya. Dengan berebekal gadget di tangan, hampir semua pintu bersecurity code, password, alarm, dan code-code lainnya dapat ditaklukkan oleh Hardison. Dalam geng Leverage, Hardison bertugas untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai target, memalsukan ID, membobol security code, dan hal-hal yang berhubungan dengan kejahatan teknologi.

Anggota geng terakhir adalah Parker, si Pencuri. Manurut saya, karakter Parker adalah karakter yang paling menarik dari semua anggota geng di Leverage ini. Parker memiliki masa lalu yang suram dan tidak jelas. Parker sangat kaku, tidak berperasaan, dan sulit bersosialisasi. Namun Parker sangatlah ahli dalam urusan curi-mencuri. Dengan badannya yang langsing dan lentur, Parker dapat menari-nari melewati laser pengaman suatu barang. Parker juga dapat meliuk-liuk di saluran udara suatu gedung. Parker juga terampil bergerak di atas lift atau mobil yang sedang melaju kencang. Parker juga ahli dalam membuka brankas analog, membobol mobil, dan sebagainya. Dalam geng leverage, Parker bertugas sebagai Thief.

Dengan kemampuan individu yang luar biasa dari masing-masing anggota tim, geng Leverage menjadi sebuah geng yang sangat solid untuk melakukan kejahatan yang terstruktur. Dengan sulap hollywood untuk menyenangkan penonton, geng kriminal ini dibuat tobat dan memanfaatkan kemampuannya di jalan yang benar. Mereka menggunakan idealisme Robin Hood, mencuri dari CEO yang kejam, pejabat yang korup, atau penguasa jahat lainnya, untuk membalaskan dendam orang-orang tertindas yang menghubungi mereka.

Bagaimana orang-orang tertindas ini menghubungi mereka, bagaimana modal mereka dapat terkumpul dalam melakukan strategi balas dendam mereka, atau bagaimana dramatisasi konflik batin penjahat yang tobat, tidak pernah dijelaskan lebih lanjut dan tidak pernah diambil pusing oleh sutradara dan penonton. Sejauh atraksi kriminal demi orang tertindas ala Hollywood ini masih menarik dan mengundang decak kagum, orang-orang termasuk saya akan tetap menontonnya.

Summary
Bagaimana jika penjahat-penjahat dengan skill individu yang luar biasa bergabung dalam satu tim untuk membantu orang-orang tertindas dengan cara mencuri dari penguasa-penguasa kejam? Menarik, full action, namun sangat hollywood, sehingga sangat kurang dalam segi drama dan aspek manusiawinya.

Rate : 8/10

2 comments:

  1. aaaa ini yang pernah lo ceritain itu ya na? gw pengen nonton banget deeehh

    ReplyDelete
  2. gue ada softcopy nya nad kalo lo mau. hehe.

    ReplyDelete