Tuesday, September 28, 2010

Hello Stranger (2010)

Sutradara : Banjong Pisanthanakun
Penulis : Chantawit Thanasewee
Pemain : Nuengtida Sopon, Chantawit Thanasewee
Genre : Comedy, Romance
Negara : Thailand
Production Company : GMM Thai Hub
Official Trailer : http://www.youtube.com/watch?v=R6qZ3PUvzsc





Comedy, Romance
Hello Stranger merupakan sebuah film komedi romantis yang menggunakan formula ampuh bagi genre ini. Perempuan dengan masalahnya, laki-laki dengan masalahnya, dan tanpa sengaja bertemu, berinteraksi, dan kemudian saling jatuh cinta. Formula standar dari film komedi romantis ini kemudian diisi dengan cerita yang menarik, logis, unik, serta adegan-adegan dan percakapan-percakapan yang luar biasa lucu. Hal-hal ini lah yang membuat film ini, secara keseluruhan, sangat menghibur dan dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik.

Film ini menceritakan tentang pertemuan dua orang Thailand yang tidak saling mengenal, secara tidak sengaja, di negeri korea. Si wanita datang dengan berbekal kebohongan kepada pasangannya yang posesif karena ingin menghadiri pesta pernikahan temannya. Sementara si pria datang dengan berbekal sakit hati karena baru saja diputuskan oleh pasangannya. Karena satu dan lain hal, mereka pun bertemu dan menghabiskan waktu bersama di jalan-jalan kota Seoul dan daerah-daerah lain di Korea. Pertemuan, percakapan, dan rasa saling ketergantungan membuat keduanya mulai memiliki perasaan lebih untuk satu sama lain.

Hal yang membedakan film ini dengan film komedi romantis lainnya adalah humor yang luar biasa pada film ini. Penonton disuguhi adegan demi adegan, percakapan demi percakapan yang luar biasa lucu. Tidak slapstik, tidak sarkasme, namun benar-benar lucu. Humor yang disajikan pada film ini meliputi kelucuan akibat perbedaan budaya, perbedaan iklim antara Thailand dan Korea, kelucuan akibat sindiran-sindiran terhadap drama korea yang saat ini sukses menginvasi Thailand dan negara-negara lainnya, termasuk Indonesia, kelucuan akibat perbedaan karakter dari kedua tokoh utama, dan lain sebagainya. Tujuh per delapan bagian dari film ini membuat saya tidak berhenti tertawa dan sedikit mengumpat, saking lucunya.

Hal lain yang menarik perhatian saya dari film Hello Stranger adalah pemeran utama pria dalam film ini, Chantawit Thanasewee. Ekspresi wajah Thanasewee di film ini benar-benar komikal. Sangat pas dengan adegan-adegan humor dan kebodohan-kebodohan yang terdapat pada film ini. Pemilihan cast yang sangat tepat untuk film komedi seperti ini.

Bagian romantis pada film ini terdapat pada seperempat akhir bagian film dengan dramatisasi keseriusan dan menghilangkan unsur komedi pada seper delapan akhir film. Bukan adegan-adegan romantis yang paling bagus yang pernah saya lihat, bahkan ada adegan-adegan yang sedikit payah, terutama adegan-adegan yang mengikut sertakan air mata, namun kekurang baiknya bagian romantis ini tidak menghancurkan keseluruhan film. Saya tetap menikmati film ini.

Banjong Pisanthanakun
Saat menonton film ini, entah mengapa saya langsung teringat dengan dua film pendek yang terdapat pada 4bia dan Phobia 2. Dua film horror komedi yang benar-benar lucu dan membuat saya tidak bisa berhenti tertawa, namun sekaligus sangat mendebarkan dan membuat saya berteriak-teriak saat menontonnya. Pada saat menonton, saya tidak mengetahui hubungan antara film Hello Stranger ini dengan kedua film tersebut. Di kepala saya hanya terlintas, "kenapa ya komedi di Thailand bisa begitu lucu, sementara komedi di film-film, sinetron, atau FTV komedi romantis Indonesia biasanya terdengar garing? Apa yang salah?"

Namun setelah men-google film ini, barulah saya tahu, bukan film-film, sinetron, atau FTV komedi romantis Indonesia yang payah, melainkan seorang sutradara Thailand yang sangat hebatlah yang membuat film-film tadi begitu lucu. Sutradara Hello Stranger ini merupakan orang yang sama dengan sutradara dari film pendek In The Middle dan In The End yang terdapat pada 4bia dan Phobia 2. Dengan mengetahui fakta tersebut, saya pun langsung jatuh hati pada Banjong Pisanthanakun dan berjanji akan selalu menantikan karya-karyanya.

Kelucuan dari film-film Banjong Pisanthanakun terletak pada elemen kejutan sebelum kelucuan tersebut disampaikan. Saya menebak hal ini terjadi karena latar belakang Pisanthanakunyang berangkat dari film horror sebagai awal karirnya. Penonton tidak tahu bahwa adegan yang akan sedang dia lihat akan berujung pada kekonyolan luar biasa. Saat penonton sedang asik melihat pemandangan kota Seoul, tiba-tiba ada adegan bodoh. Saat penonton sedang prihatin dengan nasib si tokoh utama, tiba-tiba ada kejadian bodoh, saat penonton sedang senyum-senyum sendiri akibat adegan yang manis, tiba-tiba mereka disuguhi kekonyolan tiada tara. Elemen kejutan inilah yang membuat film ini menjadi sangat lucu.

Summary
Sebuah film komedi romantis yang luar biasa lucu, dengan latar cerita yang menarik, unik, dan logis, namun belum berhasil pada bagian romantisnya.

Rate : 8/10

3 comments:

  1. gw kapok nonton film thailand sejak Shutter :p tapi ga tau kenapa, gw pengen banget deh inaa nonton ini.. lucu banget yaa pasti

    ReplyDelete
  2. inaaa. somehow gw ga mau baca review film lo ini di awal2.. karna gw takut gw akan bisa menebak critanya nanti. gw pingin surprise ntn film ini. hehehee. :D banjong oh banjong.
    nih yaa na. coba upi suruh bikin ftv, pasti bagus critanyaaa. masalahnya cuman duit na. duiiiiitttt..!!!!

    ReplyDelete
  3. @nad
    gue sih ketawa-ketawa mulu nontonnya nad. hehe. ayo dicoba!

    @iraa
    haha, spoiler ya ra tulisan gue. maaf ra, maaf. hahah. ayo ditonton. monggo.

    ReplyDelete